Header Ads

Pentingnya Pilihan Kedua dalam Memilih Jurusan

PPDB SMK N 1 BAWANG 2018


BANJARNEGARA- Rabu (4/7), mendengar kata pilihan kedua mungkin untuk sebagian orang menganggap sebagai sebuah keragu-raguan. Namun, sebenarnya pilihan kedua bukan ditujukan untuk itu melainkan sebagai Plan B atau rencana cadangan, apabila rencana awal tidak berhasil. Sama halnya dengan PPDB kali ini, karena begitu semangat dan yakin akan jurusan yang kita pilih terkadang kita lupa memilih pilihan kedua dalam hal jurusan tersebut, padahal dalam prosesnya mungkin kita akan menghadapi banyak faktor yang menyebabkan tidak dapat masuk ke jurusan yang telah kita pilih.
Untuk menanggulanginya Panitia PPDB SMK N 1 Bawang juga menyediakan pelayanan khusus dalam bentuk Ruang Pengendali yang digunakan untuk sarana konsultasi calon peserta didik apabila akan pindah jurusan. Prosedur yang harus dilalui apabila akan pindah jurusan yaitu, konsultasi bersama guru pembimbing, lalu mengisi kartu pindah program keahlian, dan yang terakhir memberikan kartu yang telah ditanda-tangani oleh guru pembimbing ke Ruang Administrasi.
Di tengah ketatnya persaingan untuk masuk di SMK N 1 Bawang dihari ke tiga yang telah memasuki jumlah pendaftar 791 , tentu tidak menutup kemungkinan beberapa calon peserta didik untuk pindah jurusan selama masih dalam jangka waktu yang diberikan. Alasan utama untuk pindah jurusan adalah kurangnya nilai akhir calon peserta didik sehingga berada dalam zona yang tidak aman (red zone) dalam jurnal di Jurusan tersebut, selain itu juga ada beberapa alasan pribadi yang mungkin menyebabkan ingin pindah jurusan.
“Tadi pagi ada kejadian menarik, yaitu ada orang tua yang agak marah-marah karena tidak segera dilayani padahal itu belum memasuki jam operasional, sehingga mau tidak mau kami layani walaupun petugas belum lengkap” Jelas Sasminto selaku salah satu Guru Pembimbing yang bertugas di Ruang Pengendali tersebut.
(Natashya, Fikti)





























Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.