Header Ads

Penguatan Pendidikan Karakter sebagai Ajang Unjuk Diri atau Adu Gengsi?



SMKN 1 BAWANG - Sudah lima hari terakhir ini yakni sejak 16 - 20 Juli 2018 seluruh jurusan kelas 11 mengikuti Penguatan Pendidikan Karakter - kecuali jurusan Tata Niaga yang sedang melaksanakan Prakerin (Praktek Kerja Industri).

Lalu mengapa yang mengikuti kegiatan ini adalah kelas 11? Seperti yang kita tahu bahwa remaja kelas 11 adalah peralihan dari umur remaja menuju jenjang yang satu tingkat di atasnya, dengan itu pastinya gejolak 'mencari jati diri' ada dalam dirinya. Oleh sebab itu, dilaksanaknnya kegiatan ini agar kelas 11 semakin berperilaku baik dan senantiasa menaati peraturan di sekolah juga disiplin tentunya.

Lalu apa saja yang peserta lakukan selama kegiatan berlangsung? Untuk hari Senin kegiatan seluruhnya ada di GOR, untuk hari Selasa sampai Kamis mereka berlatih dengan TNI sampai sekitar pukul 12.00 lalu selanjutnya latihan mandiri sampai sore. Di hari Jum'at agendanya adalah latihan mandiri.

Antusiasme peserta sangat tinggi apalagi saat sedang menyerukan yel-yel kelas mereka. Perkembangan dari tahun kemarin nyatanya cukup signifikan dibuktikan dengan adanya variasi-variasi baru dalam melakukan PBB variasi.

Lalu siapa pelatihanya? Serma Yahya, Sertu Risman, Sertu Pono, Sertu Widodo. Dan mengapa yang melatih itu TNI bukan dari POLRI? Saat ditanya seperti itu Farizqi --- salah satu Tim Disiplin dari PPK tahun ini menjawab, "Ya, karena TNI itu dididik untuk terjun langsung ke lapangan sedangkan tidak semua POLRI dididik untuk terjun ke lapangan langsung. Dalam artian untuk PPK"

Kita juga mendapat pesan dari Farizqi, "Tetap semangat menjalani PPK ini, jangan takut hitam, jangan takut lelah toh ini juga buat kebaikan kita bersama."

Perlu diingat bahwasanya kegiatan ini merupakan ajang untuk memperbaiki diri, seberapa besar pengaruh kegiatan ini dikemudian hari bukan sebagai adu gengsi antar kelas dalam menampilkan PBB variasi kelas mereka dalam puncaknya yaitu PBB Variasi yang telah dilaksanakan pada hari Senin lalu.
( _Dedes_ )

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.