Header Ads

Menegakkan Mental dan Fisik Siswa melalui PPK



BANJARNEGARA – Pada hari Senin (16/7), SMKN 1 Bawang mengadakan acara Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) untuk kelas 11. Kegiatan ini bertujuan untuk menguatkan karakter baik pada siswa SMKN 1 Bawang. Program ini merupakan program kegiatan tahunan yang ditujukan untuk siswa yang naik kelas dari kelas 10 ke kelas 11 dan dilaksanakan pada hari pertama masuk sekolah seperti saat ini.

Pada hari pertama PPK kegiatan dimulai dengan upacara pembukaan yang dibuka langsung oleh kepala sekolah SMK Negeri 1 Bawang dan bersamaan dengan pembukaan PLS untuk peserta didik baru. Semua kegiatan PPK hari ini dilaksanakan secara indoor yakni, bertempat di GOR SMKN 1 Bawang. Karena, peserta belum memiliki persiapan untuk kegiatan outdoor.

Acara inti  yang pertama diisi oleh anggota TNI yaitu, Pembinaan Karakter Wawasan Kebangsaan. Kedua dari Polsek Kecamatan Bawang yang memaparkan materi tentang Pembinaan Karakter Disiplin Berlalulintas dan yang ketiga diisi dari Polres Banjarnegara yang mengisi tentang Pembinaan Karakter Anti Narkoba dan Psikotropika.

“Untuk menumbuhkan karakter yang belum muncul dari para siswa seperti karakter patriotisme, menjadi pribadi yang memberikan contoh kepada masyarakat tentang pentingnya disiplin berlalulintas, dan yang ketiga agar jangan sampai prestasi para siswa tercoreng dalam lingkungan psikotropika yang akan menjerumuskan dan menghancurkan masa depan,” ujar Bapak Sugino Purnomo yang ditanya tentang manfaat PPK.

Suasana PPK di tahun ini dengan tahun yang lalu hampir sama, hanya saja panitia melakukan beberapa penyempurnaan seperti materi-materi yang diberikan serta pelatihnya yang diupayakan setiap kelas mendapat  1 orang pendamping dan 1 orang pelatih. Untuk pendampingnya diambil dari salah satu anggota PKS Batalion Skansa dan pelatihnya didatangkan langsung dari anggota TNI.

Sumber : bapak Sugino
(Fadia, Pandu)



Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.