Header Ads

Kualitas Sekolah Tumbuh dari Karakter Siswa




BANJARNEGARA-Pengenalan Pendidikan Karakter pada akhirnya tiba di puncaknya sekaligus sebagai penutup kegiatan tersebut pada hari Senin (23/7) di Lapangan Upacara SMKN 1 Bawang.

Dimulai dengan apel pagi bagi seluruh siswa-siswi, guru, dan para karyawan SMKN 1 Bawang. Setelah itu, Lomba PBB Variasi yang diikuti oleh 17 kelas dari 7 jurusan kelas 11. Tata niaga tidak diikutkan dalam kegiatan ini dikarenakan pelaksanaan Prakerin.

"Prakerin itu tugas sekolah dan PPK ini juga tugas yang turun dari sekolah. Akan tetapi, jika sekolah menginginkan kualitas yang terbaik dari siswa nya, maka sistemnya adalah hutang. Sekolah bisa membuat program khusus bagi anak-anak yang belum mendapat pendidikan ini di lain waktu. Sehingga, mutu atau kualitas sama rata, tak ada yang dibedakan," jelas Serma Lismadi, salah seorang juri dari Koramil Bawang.

Seperti yang sudah diketahui sebelumnya bahwa PPK ini bertujuan untuk latihan fisik guna menumbuhkan jiwa korsa disiplin tangkas. Selain itu, agar menempatkan kepentingan bersama diatas kepentingan individu.

"Begitu besar minatnya anak skansa dalam melaksanakan pendidikan karakter bisa melalui pekan disiplin yang isinya baris-berbaris," tambahnya atas kekagumannya pada SMKN 1 Bawang.

Pada kenyataannya, peserta tidak dengan mudah merebut piala bergilir lomba PBB itu. Ada beberapa poin penilaian yang nenjadi patokan juri dalam mengambil keputusan kejuaraan seperti, PBB dasar tidak boleh lepas dari aturan, PBB variasi, tampilan, kerapian, kekompakan, dari komando suara, bentuk variasi, dan tingkat kesulitan.

Maka di akhir kegiatan, juara diumumkan. Juara 1 berhasil direbut oleh kelas XI TB 2 dengan jumlah nilai 5173, XI AK 3 dengan jumlah 5157 sebagai juara 2, dan disusul oleh XI AK 1 dengan perolehan nilai 5099 sebagai juara 3.
Dari pengalaman kegiatan tahun ini, SMKN 1 Bawang dianggap naik mutu atau kualitasnya dalam pendidikan karakter ini. Di tahun berikutnya diharapkan bisa lebih baik lagi dan salah satu jurusan yang belum mengikuti PPK di tahun ini maupun sebelumnya bisa turut bergabung dan berpartisipasi untuk kegiatan yang begitu penting bagi pelajar khususnya SMK.


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.