Header Ads

KEUTAMAAN DI BULAN RAMADHAN


Quiz      : Apakah Perbedaan antara Nuzulul Quran dengan Lailatul Qadar  ?

Berkah Ramadhan yang begitu besar dirasakan oleh seluruh umat muslim di penjuru dunia dan alhamdulillah tidak terasa kita sudah memasuki pertengahan di bulan Ramadhan.
Sesungguhnya Allah telah mengkhususkan bulan Ramadhan di antara bulan-bulan lainnya dengan keutamaan yang agung dan keistimewaan,  di antaranya adalah :
Ramadhan adalah bulan diturunkannya Al – Quran
Bulan Ramadhan adalah bulan yang mulia dan pada bulan ini juga Al-Quran diturunkan, yang biasa kita sebut dengan Nuzulul Quran.
Di wajibkanya Berpuasa
Di bulan ini seluruh umat muslim di wajibkan untuk menjalankan ibadah puasa,  menahan segala nafsu dan amarah sebagaimana firman Allah Swt. yang dijelaskan pada Q.S Al-Baqarah ayat 185:

شَهْرُ رَمَضَانَ الَّذِيْۤ اُنْزِلَ فِيْهِ الْقُرْاٰنُ هُدًى لِّلنَّاسِ وَ بَيِّنٰتٍ مِّنَ الْهُدٰى وَالْفُرْقَانِ ۚ  فَمَنْ شَهِدَ مِنْكُمُ الشَّهْرَ
فَلْيَـصُمْهُ  ۗ  وَمَنْ کَانَ مَرِيْضًا اَوْ عَلٰى سَفَرٍ فَعِدَّةٌ مِّنْ اَيَّامٍ اُخَرَ ۗ  يُرِيْدُ اللّٰهُ بِکُمُ الْيُسْرَ وَلَا يُرِيْدُ بِکُمُ الْعُسْرَ ۖ  وَلِتُکْمِلُوا الْعِدَّةَ وَلِتُکَبِّرُوا اللّٰهَ عَلٰى مَا هَدٰٮكُمْ وَلَعَلَّکُمْ تَشْكُرُوْنَ

"Bulan Ramadan adalah (bulan) yang di dalamnya diturunkan Al-Qur'an, sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang benar dan yang batil). Karena itu, barang siapa di antara kamu ada di bulan itu, maka berpuasalah. Dan barang siapa sakit atau dalam perjalanan (dia tidak berpuasa), maka (wajib menggantinya), sebanyak hari yang ditinggalkannya itu, pada hari-hari yang lain. Allah menghendaki kemudahan bagimu, dan tidak menghendaki kesukaran bagimu. Hendaklah kamu mencukupkan bilangannya dan mengagungkan Allah atas petunjuk-Nya yang diberikan kepadamu, agar kamu bersyukur."
Amal sholeh yang berlipat ganda
Dalam bulan Ramadhan, umat muslim berlomba-lomba dalam beramal sholeh dan berbuat kebaikan dimana kita mendekatkan diri kepada Allah, maka akan dilipat gandakan pahalanya sebanyak tujuh puluh ribu kali dari kewajiban yang di lakukan pada bulan-bulan lainnya.
Bulan penuh berkah
Saat seorang muslim melakukan kebaikan di bulan Ramadhan dengan hati yang ikhlas, maka ia akan mendapatkan keberkahan yang nilainya sama dengan seribu bulan.
Contohnya : Bersedekah kepada orang yang membutuhkan dan membantu orang yang sedang kesulitan.
Malam Lailatul Qadar
Malam ini adalah malam yang sangat di nanti nantikan oleh setiap muslim pada bulan Ramadhan. Malam yang ada di salah satu dari 10 hari terakhir pada bulan Ramadhan ini merupakan malam yang baik untuk meminta ampunan dan berdoa kepada Allah SWT.



Sesungguhnya Ramadhan adalah bulan yang agung dan mulia,  bulan yang penuh berkah bagi setiap muslim.  Oleh karena itu, kita sebagai umat Islam diharuskan menyambut bulan ini dengan kegembiraan, menjalankan keutamaan di bulan Ramadhan , dan mengerjakan berbagai amal sholeh di bulan Ramadhan .

Sumber : Bapak Novi Setiawan
Al-Qur'an Indonesia http://quran-id.com

Reporter : (Magda)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.