Header Ads

Pesona Cerita Nusantara Dalam Balutan Gerak Tari


Tari merupakan warisan budaya turun temurun yang harus kita lestarikan supaya tidak kalah dengan budaya barat yang semakin merajalela. Nah untuk itu, setiap tahunnya sekolah kita mengadakan pagelaran tari untuk kelas 12 yang masuk dalam acara akhir semester yaitu class meeting.
Pada tahun ini pagelaran tari kelas12 diadakan pada 20 Desember 2017. Acara tersebut, diawali dengan apel bagi seluruh siswa dilanjutkan dengan penampilan pramuka semaphor dari ekstrakulikuler pramuka. Sebagai pembuka, kelas 12 TKJ 2 membawakan cerita sangkuriang, yang menceritakan asal usul gunung Tangkuban Perahu.
Dilanjutkan dengan penampilan dari kelas 12 AP 3 dengan cerita Keong Emas, kelas 12 TN 2 dengan cerita Timun Mas, kelas 12 BPi 2 dengan cerita Mahabarata, kelas 12 TKJ 1 dengan cerita Putri Tandam Paling, kelas 12 TN 1 dengan cerita Asal usul Burung Cendrawasih, kelas 12 AK 3 dengan cerita Tao Toba Nauli, kelas 12 TB 2 dengan cerita Bawang Merah & Bawang Putih, kelas 12 BPi 3 dengan cerita Ramayana, kelas 12 TB 1 dengan cerita Jaka Tarub, kelas 12 RPL 2 dengan cerita Roro Jonggrang, kelas 12 AP 2 dengan cerita Situ Bagendit, kelas 12 MT 2 dengan cerita Lutung Kasarung, kelas 12 AK 1 dengan cerita Balinesia, kelas 12 BPi 1 dengan cerita Cindelaras, kelas 12 MT 1 Legenda Batu Menangis, kelas 12 AP 1 dengan cerita Malin Kundang, 12 RPL 1 dengan cerita Tanjung Menangis di Halmahera, dan sebagai penutup acara yaitu penampilan dari kelas 12 AK 2 yang menceritakan Asal Usul Ondel-Ondel.
Diharapkan dengan adanya acara pagelaran tari, dapat mengenalkan budaya tari kepada para siswa dan menumbuhkan rasa cinta terhadap budaya daerah.

Reporter:Hanindiyah Fikti (XAK2)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.