Header Ads

Tuturan Pajak untuk Indonesia

WP_20170812_15_27_43_Pro

     Hai kawan, tau gak kalau 11 Agustus lalu sekolah kita tercinta ini kedatangan tamu yang luar biasa ?? Belum tau yaa, jadi mereka adalah tim penyelenggara acara Pajak Bertutur yang diselenggarakan secara serentak di SD, SMP, SMA, dan Perguruan Tinggi terpilih pada tanggal 11 Agustus kemarin. Acara yang diadakan oleh Direktur Jendral Pajak Republik Indonesia ini memilih SMKN 1 Bawang sebagai satu-satunya sekolah di kabupaten Banjarnegara yang didatangi tim DCP ini. Pengadaan acara serentak ini bertujuan untuk membangun kesadaran akan pentingnya pajak sedari dini.


     Tim DCP ini terdiri dari gabungan tim Kantor Pelayanan Penyuluhan Konsultasi Perpajakan Banjarnegara yang diketuai oleh Kak Agus Setiawan, dan tim dari KPP Pratama Purbalingga. Tim DCP ini diketuai oleh Kak Siswanto. Acara ini kabarnya diikuti oleh 110 ribu siswa dan mahasiswa se-Indonesia dan 80 siswa diantaranya adalah dari SMK Negeri 1 Bawang yang terdiri dari 57 orang perwakilan kelas, perwakilan jurusan Akuntansi, dan juga OSIS. Acara ini diselenggarakan di Aula Hatta SMKN 1 Bawang dan berjalan sangat menarik dan menyenangkan.


IMG_0004
IMG_0012   

Acara ini dimulai dengan menyanyikan lagu Indonesia dan dilanjutkan dengan berdoa. Diikuti dengan sambutan dari Bu Farikha dan penyerahan plakat dan sertifikat secara simbolis kepada Skansa. Untuk menghindari peserta mengantuk, maka diawal acara dilakukan pembagian Doorprize dan perkenalan yel-yel. Berikut adalah yel-yelnya :

   
    

    Muda - Berprestasi
     Pemuda - Percaya Diri
     Sadar Pajak - Sejak Dini
     Pajak - Bangun Negeri


IMG_0001


    Sebelum memasuki acara inti, Dipanggil tiga peserta pemberani oleh Kak Siswanto untuk menyanyikan lagu Nasional, dan dilanjutkan lomba memasukkan pensil kedalam botol kepada para peserta. Mereka yang berani untuk maju ke depan, maka mendapat Doorprize. Hal ini juga berlaku untuk kuis-kuis selama pemaparan dan peserta yang berani bertanya.


     Memasuki acara inti, yang diisi oleh Kak Ari dan dioperatori oleh Kak Mukhlis. Diawal acara dijelaskan tentang berbagai permasalahan yang ada di Indonesia dan diterangkan bagaimana cara untuk mengatasinya. Juga dipaparkan sumber-sumber dana Indonesia yang terdiri Pinjaman Luar/Dalam Negeri, Penjualan SDA, dan tentunya Pajak.


     Orang yang wajib pajak adalah orang yang sudah berpenghasilan lebih dari (Penghasilan Tidak Kena Pajak) 54 juta pertahun dan wajib mempunyai NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak). Pajak yang ditangani oleh tim DCP adalah pajak dari Pajak Penghasilan (PPh), Pajak Pertambahan Nilai (PPN), dan Bea Materai.  Juga motivasi-motivasi yang bisa mendorong rakyat untuk dapat berkontribusi untuk Negara Indonesia karena manfaatnya akan kembali kepada Indonesia dan tidak secara langsung dirasakan oleh si Wajib Pajak.


     Jalannya acara sangat menyenangkan dan seimbang antara pemamaparan materi dan juga hiburan ataupun pembagian Doorprize. Antusiasme para peserta juga tidak kalah, karena juga didorong dengan adanya Snack di awal acara dan Makan Siang gratis di akhir acara.


     Maka dari itu, marilah kita bayar pajak, karena sudah menjadi kewajiban kita sebagai Bangsa Indonesia. Pelaksanaan kewajiban dan penuntutan hak haruslah seimbang. Jangan cuma jadi Free Rider atau Bangsa yang tidak memberikan kontribusinya untuk Negara. Sekian dari penulis. Salam SemangArt!


    #PajakKitaUntukKita

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.