Header Ads

PENGIKUT GARIS LURUS


Mekatronika adalah jurusan yang masih sangat muda umurnya  di SMK N 1 Bawang.Namun hal tersebut tidak menghalangi mereka untuk selalu berkarya dan berinovasi. Dalam jurusan mekatronika mereka mempelajari  tentang dunia robotika.mereka khususnya kelas XII dituntut untuk menghasilkan sebuah karya inovasi berupa robot dalam tenggang waktu selama 1 semester. Hal tersebut dapat diatasi secara tuntas oleh siswa mekatronika dengan hasil yang luarbiasa.
Line followers, itulah salah satu nama produk yang telah di buat oleh siswa mekatronika. line followers berasal dari 2 kata yaitu Line berarti garis, dan followers adalah pengikut. Line followers berbentuk seperti mobil tamiya yang berjalan mengikuti garis lurus.
Robot line followers bekerja karena adanya sensor pembaca garis yang terhubung dengan dynamo, itu yang membuat robot tersebut bergerak mengikuti garis lurus.
produk ini dibuat oleh suatu kelompok yang terdiri dari 10 orang,salah satunya yaitu albar annas muzaqi. Robot yang terdiri dari dynamo, PCB, IC, resistor ,LED, oto diode dan transistor ini dibuat karena untuk memenuhi suatu nilai dan mengembangkat bakat serta minat.
dalam membuat line followers mereka banyak  mengalami kendala seperti pencarian komponen inti  yang belum tersedia di banjarnegara sehingga mereka harus membelinya di luar kota.robot line followers menghabiskan dana kurang  lebih Rp 700.000,00  “Selain pergi ke jogja untuk membeli komponen kita juga kesusahan dalam merakit PCB” Ucap albar saat di wawancarai  Oleh tm redaksi chayo.
 hasil dari karya siswa ini juga pernah di pamerkan dalam acara pameran digedung DEKRANASDA Banjarnegara


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.