Header Ads

GANDEK FROM SKANSA


            Pemerintah kabupaten Banjarnegara melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata menggelar parade budaya sebagai satu rangkaian peringatan hari jadi Banjarnegara tahun 2016. Kegiatan ini dilaksanakan di Alun-alun Banjarnegara, Kamis 11 Agustus 2016 pukul 10.00 WIB.
            Acara ini diikuti oleh 33 grup yang terdiri dari siswa-siswi SMPN1 Banjarnegara, MAN2 Banjarnegara, SMAN 1 Banjarnegara, SMKN 1 Bawang, SMAN1 Bawang, Panca Bhakti. Dari sekolah diatas hanya diundang untuk memeriahkan acara parade budaya. Dan diadakan lomba untuk setiap perwakilan dari 20 kecamatan yang ada di kabupaten Banjarnegara. Tujuan diadakannya Parade Budaya ini untuk memperkenalkan beragam kebudayaan serta melestarikan budaya di kabupaten Banjarnegara.
            SMKN 1 Bawang mendapat nomerundi 4. Sekolah kita menampilkan sebuah suguhan yang menarik yaitu tari GANDEK. Tari gendek ini menceritakan tentang keceriaan paraga dispetani yang memanen kentang. Dikuti oleh 15 penari , 3 banner yang terdiri kelas X, XI, XII yang mengikuti ekstra tari tradisional. Rute parade budaya ini dimulai dari Alun-alun Banjarnegara menuju jalan Dipayudha, jalan Veteran, Perempatan Polres, Jalan DI Panjaitan, dan kembali ke Alun-alun Banjarnegara. Kegiatan ini berlangsung selama 7 menit dan dilakukan 2 kali tampil, yang pertama di depanpendopo yang kedua di depan kuliner Banjarnegara.
            Tampilan dari siswi skansa mendapat apresiasi yang cukup memuaskan dari penonton. Seperti pendapat pak Sunardi “ tampilannya bagus, kreatif namun perlu dikembangkan ”. Hal ini mungkin tidak terlepas dari kerja keras para penari yang berlatih kurang lebih 2 minggu dengan mengorbankan waktu dan tenaga untuk mendapatkan hasil yang maksimal.
            parade tahun ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Tahun ini, parade dilaksan akan pagi hari agar perjalanan lebih nyaman. Selain itu, tahun ini peserta yang berpartisi pasi lebih banyak, termasuk dari kalangan pelajar.
            Bupati Banjarnegara Sutedjo Slamet Utomo mengatakan, parade budaya ini diharapkan tidak hanya menjadi tontonan belaka, tetapi kedepannya apa yang ditampilkan dalam parade budaya ini dapat memberikan pesan moral yang baik untuk dijadikan sebagai tuntunan. “Nantinya 100 penari perwakilan sekolah yang ada di kabupaten Banjarnegara akan dipilih untuk mengikuti acara HUT Jawa Tengah yang akan dilaksanakan di Kabupaten Magelang” ungkap pak Edi Sarwono selaku ketua panitia Parade Budaya.
            Ada kesan dan pesan loh dari kelas XI yang mengikuti Parade Budaya, mau tau inidia:
Kesan: “sangat senang, karena merupakan pengalaman pertama saya mengikuti parade budaya, jadi pada saat tampil rasanya kurang lama. Tetapi sayang, saya kurang PD sama bajunya karena agak terbuka” ujar Nur Afifah (XI TKJ 2)
Pesan : ”Buat adik-adik sanggar tari SMKN 1 Bawang tetap semangat ya         mengikuti ekstra tari, jadi bisa ikut parade budaya tahun depan  dengan menampilkan suguhan lebih bagus lagi ” ujar Novita Nurul  Hesa (XI TKJ 2)
Wah kerenya sobat Chayo...  semoga tahun depan lebih baik lagi dan SemangArt !!


Reporter : Dina Ayu Inta Nika_XI TKJ 2

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.