Header Ads

AKSI UNJUK EKSPRESI

Pada hari Selasa, 11 Oktober 2016 di Gedung Dekarnas diadakan sebuah pameran karya seni. Pameran merupakan suatu acara atau media untuk menunjukkan, melihat, dan menikmati atau mengapresiasi suatu karya. Pameran ini bukanlah pameran yang pertama kali diadakan di Banjarnegara. Kabupaten Banjarnegara sudah berkali-kali menggelar acara tersebut. Itu berarti bahwa sudah banyak karya yang dihasilkan oleh warga Banjarnegara.
Cukup memuaskan apabila dilihat dari jumlah peserta pameran yang turut berpartisipasi dalam acara tersebut. Tidak kalah pula dengan karya-karya yang telah dihasilkan. Di pameran kali ini mengikutsertakan peserta didik tingkat SMA/SMK. Membahas  peserta, SMKN 1 Bawang juga aktif dalam pameran ini. Hasil karyanya memang terbilang luar biasa. Mulai dari Jurusan Mekatronika dengan karyanya yang mengagumkan seperti, Alat Pendeteksi Kebocoran Gas, Robot Humanoid, PLC(Programmable Logic Controller), Microcontroller Arduino, Robot Line Follower, dan Sensitive Wire. Kemudian RPL (Rekayasa Perangkat Lunak) menghasilkan sebuah aplikasi pemilihan yakni, Cvote. Kabarnya, karya ini digunakan pada lomba FIKSI di Kota Periangan. Tak hanya sampai di situ, karena Tata Busana juga ikut menunjukkan hasil karya terbaiknya yang begitu indah dan mempesona. Karya busana ini juga patut untuk diacungi jempol. Karena, menjahit adalah seni. Teknik menjahit pakaian tentunya berawal dari perancangan pola dengan cara menggambar. Sekolah-sekolah lain juga tidak mau kalah bersaing dalam menciptakan karya seni.
Di balik karya-karya siswa SMA/SMK ternyata terselip sentuhan seni bernafaskan religi. Seorang bapak yang berasal dari Kecamatan Pagentan mempersembahkan karya seninya yakni hiasan dinding kaligrafi dari bambu murni. Setelah sedikit bercerita, beliau ternyata bisa menghasilkan satu pigura kecil dalam waktu sehari dan dua pigura besar dalam seminggu dan hasilnya menggiurkan. Pada pameran tersebut hiasan dinding ini dibandrol mulai dari Rp.150.000 hingga Rp.5000.000. Bapak ini tidak hanya rutin membuatnya tetapi, juga ketika mendapat pesanan.
Pameran ini berhasil memotivasi sebagian warga Banjarnegara untuk terus berkarya. Terbukti dari suasana yang ramai melingkupi Gedung Dekarnas. Acaranya pun berjalan dengan lancar terasa nyaman dengan keramah-tamahan peserta pameran. Meski hawa di siang itu memang sedang panas yang kemudian diguyur gerimis.

Berbagai manfaat yang kita dapat dari pameran seperti, memotivasi masyarakat untuk berkarya, mengukur kemampuan bakat seseorang, pendidikan seni, pendidikan komunikasi, belajar mengapresiasi atau menghargai karya seseorang, sebagai media untuk mencurahkan ekspresi, mengasah kreativitas, dan sebagai rekreasi.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.