Header Ads

SUTEDJO SLAMET UTOMO, S.H., M.M. Berharap Banjarnegara Bangkit!

SUTEDJO SLAMET UTOMO, S.H., M.M.
Berharap Banjarnegara Bangkit!

Dalam penantian yang tidak menentu, surat yang dilayangkan kepada Bapak Bupati Banjarnegara pun belum jua ada balasannya. Kadang-kadang terbersit harapan agar bisa memergoki Beliau pada saat jalan-jalan di Alun-Alun, atau memotong kompas pada saat selesai membuka acara, atau kadang ingin nekat main ke rumah dinas Beliau, semua urung Redaksi laksanakan. Siang itu, akhirnya “perburuan” orang nomor satu di Banjarnegara ini pun berhasil. Di tempat dinasnya, Jurnalis CHAYO Rizki, Samsul, Nia, Ayumi dan Sasa berhasil berbincang-bincang dengan putera ASLI BANJARNEGARA.




Bapak Sutedjo Slamet Utomo, S.H., M.M. sudah menjabat menjadi Bupati Banjarnegara sejak tahun 2011 loh. Waah.. sudah lumayan lama ya Sobat Chayo. Beliau yang dulu bercita-cita sebagai jaksa, lahir dari keluarga petani di desa Kertayasa pada tanggal 14 Februari 1954 dan memulai karirnya pada tahun 1981 di Departemen Dalam Negeri setelah menyelesaikan kuliahnya di Fakultas Hukum, Universitas Diponegoro, Semarang. Sebelum menjadi bupati, beliau juga sempat menjabat sebagai Sekretaris Daerah Banjarnegara sejak 1999 sampai dengan 2006.

Dan perlu kalian ketahui, bahwa selama 182 tahun Banjarnegara berdiri, beliau lah putra daerah pertama yang berhasil memegang jabatan Bupati Banjarnegara. Waaah... hebat ya! Meskipun cita-cita awal beliau bukanlah menjadi Bupati, tapi sebagai putra daerah, beliau merasa terpanggil karena mengetahui begitu banyaknya potensi yang dimiliki oleh Banjarnegara dari berbagai sektor. Mulai dari sektor pariwisata, pertambangan, sampai dengan pertanian. Banjarnegara juga memiliki sumber daya alam yang banyak loh, apalagi sumber air yang bisa dimanfaatkan sebagai pembangkit listrik tenaga hidro. Tentunya akan sangat disayangkan jika potensi-potensi alam tersebut tidak bisa dimanfaatkan dengan baik oleh pemimpin yang kurang mengetahui potensi yang Banjarnegara miliki, bukan?

“Saya ingin Banjarnegara itu dapat Bangkit! Bukan menjadi Banjarnegara hebat atau Indonesia hebat! Lah wong bangkit saja belom kok!” Tutur beliau ketika ditemui oleh tim redaksi CHAYO pada Rabu.... (tanggal pira yaa?) Beliau ingin sekali mengubah image Banjarnegara sebagai kota pensiun menjadi Banjarnegara yang bangkit.


Dalam waktu dekat ini, beliau ingin meningkatkan agraris Kabupaten Banjarnegara, sesuai dengan harapan Bapak Gubernur, yaitu kedaulatan pangan. Sehingga masyarakat Banjarnegara bisa Mawar Biru. Hmmm.. ada yang tahu arti mawar biru nggak nih, sobat? Mawar Biru itu berarti Mangan Wareg Bisa Turu! Wah.. ada ada saja ya, Bapak Bupati ini. Beliau juga berharap bahwa Banjarnegara bisa menjadi Kabupaten Konservasi. Kenapa? Karena Banjarnegara itu termasuk daerah rawan longsor, sehingga nantinya jika banyak pohon seperti daerah gunung kidul, Banjarnegara bisa lebih terselamatkan dari bencana tanah longsor dong.

“Saya ingin jika saya sudah purna dari tugas saya sebagai Bupati ini, saya tidak meninggalkan kesan yang jelek atau serba merepotkan, tapi saya ingin meninggalkan tanaman-tanaman agar nantinya anak dan cucu Banjarnegara dapat terus mengingat masa-masa saya menjabat sebagai Bupati.” So sweet yaa...

Beliau juga menitipkan pesan untuk pelajar-pelajar di Banjarnegara loooh, terutama untuk siswa-siswi SMK Negeri 1 Bawang tentunya. Beliau berharap agar pelajar di Banjarnegara tidak terlibat dalam hal-hal negatif, seperti contohnya narkoba, miras sampai dengan ugal-ugalan di jalan yang tentunya akan mengancam masa depan pelajar sebagai penerus bangsa. Beliau ingin pelajar Banjarnegara dapat fokus terhadap tugasnya yaitu belajar, belajar dan belajar! Sehingga suatu hari nanti akan ada Gubernur, Menteri atau bahkan Presiden yang merupakan putra-putri daerah Banjarnegara.

Waaaah... gimana nih, sobat CHAYO? Ada yang mau mewujudkan cita-cita beliau, kah? Hmmm... ditunggu kabarnya nih Gubernur, Menteri dan Presiden asli Banjarnegara di masa yang akan datang! Jadinya.. gak hanya dawet yang asli Banjarnegara tapi juga Gubernur, Menteri dan Presidennya! Salam CHAYO...

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.