Header Ads

RAHASIA DI BALIK SURAT AL-KAHFI (PELINDUNG DARI FITNAH DAJAL)


Assalamu’alaikum,wr.wb.

Sobat chayo yang dirahmati Allah SWT. Ketemu lagi dengan Chayo Religi yang nggak bosan-bosan mendoakan semoga kalian selalu dalam keadaan sehat wal ‘afiat dan selalu dalam lindungan-Nya. Amin..
Sobat chayo, kali ini kita akan membahas tentang “Rahasia di Balik Surat Al-Kahfi. Pada masa sekarang ini, masih banyak kaum muslimin yang belum mengerti sepenuhnya tentang keagungan yang dimiliki surat Al-Kahfi. Oleh karena itu, perhatikan dan baca baik-baik penjelasan surat Al-Kahfi di bawah ini!

Surat Al-Kahfi merupakan salah satu surat istimewa. Keistimewaannya yaitu, terdapat dalam riwayat Abu Said Al-Khudri ra Rasulullah bersabda, “Barang siapa membaca surat Al-Kahfi pada hari Jum’at, maka akan dipancarkan cahaya untuknya di antara dua Jum’at”. (HR. Al-Hakim:2/368 dan Al-Baihaqi:3/249) Surat ini dianjurkan dibaca setiap hari minimal satu sampai sepuluh ayat.

Surat Al-Kahfi yang didalamnya terdapat kisah Ashabul Kahf merupakan surat golongan makiyah atau surat yang turun di Kota Mekah. Nama Ashabul Kahf sendiri juga diambil dari nama sekelompok orang beriman yang hidup pada masa Raja Digyanus di Romawi (Kerajaan dengan pemimpin yang dzalim sekaligus penyembah berhala).

Surat Al-Kahfi memiliki keutamaan bagi pembacanya yaitu, sebagai pelindung dari fitnah dajjal pada hari akhir nanti. Hal ini dikuatkan lagi dengan adanya hadist Al-Nawas bin Sam’an yang di dalamnya Rasulallah bersabda, “Maka barang siapa di antara kamu yang mendapatinya (mendapati zaman dajjal )hendaknya ia membacakan atasnya ayat-ayat permulaan surat Al-Kahfi.” Sedangkan dari riwayat muslim yang lain yaitu, dari Abu Darda ra, Nabi Muhammad SAW bersabda, “Barang siapa yang membaca sepuluh ayat permulaan Al-Kahfi maka ia dilindungi dari dajjal.”

Selain sebagai pelindung dari fitnah dajjal, keutamaan lain dari surat ini yaitu pembacanya akan diberikan cahaya (disinari ). Dan cahaya ini diberikan pada hari kiamat,yang memanjang dari bawah kedua telapak kaki sampai ke langit. Hal ini , sebagai mana firman Allah SWT: “Pada hari ketika kamu melihat orang mukmin laki-laki dan perempuan sedang cahaya mereka bersinar di hadapandan disebelah kanan mereka .” (QS.Al-Hadid :12). Dan ibnu Umar ra, berkat: Rasulullah bersabda “Siapa yang membaca surah Al Kahfi pada hari jum’atmak akan memancar cahaya dari bawah kakinya sampai kelangit,akan meneranginya kelak pada hari kiamat dan diampuni dosanyaantara dua jum’at.”

Subhanallah sobat chayo, bagaimana keagungan yang ada dibalik surat al kahfi yang belum kita ketahui sebelumnya. Jadi ayo baca dan amalkan surat Al-Kahfi mulai sekarang.


Wasalamu’alaikum.wr.wb.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.