Header Ads

Lebih Dekat Dengan Efa Nugroho, Fotografer Muda Berbakat Semarang

Workshop Fotografi dasar untuk ekstrakurikuler Multimedia dan Mading telah berlangsung tadi siang, Sabtu 10 September 2016 di Aula Hatta Skansa. Karena ini tentang fotografi, maka workshop ini diisi oleh seorang fotografer pastinya :) bernama Efa Nugroho S,KM. Siapa di antara sobat chayo yang tidak tahu Mas Efa ini ?? Brarti sobat chayo normal (?) Karena Mas Efa juga termasuk baru dalam mengisi Workshop Fotografi di Skansa ini.

Mas Efa merupakan alumni SMA Negeri 1 Banjarnegara yang kemudian lulus menyelesaikan S1 di Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Negeri Semarang dan S2 di Promosi Kesehatan Universitas Diponegoro. Sebenarnya, kalau dilihat dari riwayat pendidikannya, tidak ada yang berhubungan dengan Fotografi. Tapi karena minat, justru Fotografi yang membuat beliau sukses.

Awalnya, Mas Efa hanya melihat foto-foto temannya. Karena bagus-bagus, Mas Efa mulai tertarik dengan dunia fotografi 3 tahun yang lalu. Karena belum punya kamera, Mas Efa meminjam kamera temannya. Sampai akhirnya beliau menabung sampai punya kamera pertama seharga 1,2 juta. Setelah punya kamera, Mas Efa mulai aktif dalam dunia Fotografi sampai menghasilkan uang sendiri, dan membeli kamera yang lebih Advanced lagi.

Mas Efa dalam dunia fotografi lebih fokus dalam Modelling, Fashion, dan Prewedding. Dari hasil foto-foto tersebut, akhirnya bisa menghasilkan uang. Selain itu, Mas Efa juga diundang untuk menjadi fotografernya pemprov Jawa Tengah. Juga, pernah menjadi seksi publikasi dari UNICEF. Wah. Hebat gak sobat chayo ??

Selain itu, Beliau pernah mengalami hal yang tak terduga. Kamera Beliau pernah terjatuh dalam air saat sedang mengambil foto di pinggir pantai. Kameranya juga pernah jamuran karena kedinginan pas naik turun puncak gunung.

Berikut ini adalah sebuah nasihat singkat dari Mas Efa. Camkan dengan baik ya sobat.
"Dari Multimedia maupun Mading semuanya berasal dari niat. Terus belajar dan belajar, gali potensi diri kalian. Karena bakal banyak banget manfaat yang akan kalian peroleh dan kalian rasakan jika kalian menekuni satu bidang sendiri. Jadi jangan cepat puas diri, tetep belajar dan belajar lagi."

Itulah sedikit profil dari Efa Nugroho. Semoga kita termotivasi untuk melakukan hal-hal baru. Semua berawal dari niat. Niat yang baik akan membuat suatu pekerjaan, hasilnya akan baik pula.

Realize your dreams ya Sobat Chayo. SemangArt!

3 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  2. Makasih de beritanya.. Baru baca hehhee.. Ijin share ya hehhee..
    Oh ya Undip itu Universitas Diponegoro dan saya asli Banjar juga lho hehhee..

    Sukses selalu buat kalian..

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.